Langsung ke konten utama

Apa sih Masyarakat Informasi Itu?




Oke guys, kali ini gue ada tugas kuliah membahas tentang masyarakat informasi. well, jaman now nih (ahayy) peranan Teknologi Informasi sudah menjadi teman keseharian kita, yang sangat membantu membuat aktifitas sehari-hari kita menjadi lebih efisien dan efektif tentunya. nah Masyarakat Informasi ini adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah masyarakat dan sebuah ekonomi yang dapat membuat kemungkinan terbaik dalam menggunakan informasi dan teknologi komunikasi baru (new information and communication technologies(ICT's)). Contohnya nih, ATM untuk penarikan tunai dan pelayan perbankan lainnya, telepon genggam(handphone), teletext television, faxes dan pelayan informasi seperti juga internet, e-mail, mailinglist, serta komunitas maya (virtual community) lainnya.


Ciri-ciri Masyarakat Informasi
  1. Adanya level intensitas informasi yang tinggi ( Kebutuhan akan informasi yang tinggi ).
  2. Penggunaan teknologi informasi untuk kegiatan sosial, pengajaran, bisnis, serta kegiatan lainnya.
  3. Kemampuan petukaran data digital yang cepat dalam jarak jauh.
  4. Masyarakat Sadar Akan Informasi dan mendapatkan Informasi secara cukup.
  5. Menjadikan informasi sebagai komiditas bernilai ekonomis.
  6. Mengakses informasi super highway ( bercakapan tinggi ).
  7. Distribusi informasi berubah dari tercetak menjadi eletronik.
  8. Sistem layanan berubah dari manual ke elektronis ( e-service ).
  9. Kompetisi bersifat global dan ketat.

Mengapa Masyarakat Informasi Sangat Penting?
Masyarakat Informasi menghadapkan kita pada tantangan-tantangan baru dan kesempatan perkembangan-perkembangan menuju seluruh area dari masyarakat. Kunci yang penting dari jaringan teknologi dalam masyarakat informasi adalah teknologi membantu kita untuk membuat koneksi-koneksi baru. Koneksi-koneksi dimana tantangan tradisional menerima apa yang mungkin, dan ketika hal tersebut menjadi mungkin. Perkembangan masyarakat informasi telah menjadi bagian penting untuk masyarakat informasi sebagai ekonomi kecil yang terbuka di dalam pengembangan jaringan ekonomi global, dimana pengetahuan berbasis pada inovasi yang menjadi kunci sumber dari penopang keuntungan yang kompetitif.

Faktor Yang Mendorong Terjadinya Masyarakat Informasi
  1. Dinamika Informasi dan komunikasi
  2. Perkembangan teknologi komputer
  3. Perkembangan teknologi komunikasi

Dampak Positif dan Negatif Masyarakat Informasi
1. Positif
  • Komunikasi yang lebih baik
  • Transportasi yang lebih cepat dan nyaman
  • Penyelesaian pekerjaan yang lebih cepat dan akurat
  • Efisiensi dalam penggunaan tenaga kerja

2. Negatif
  • Munculnya ketakutan masyarakat bahwa manusia yang akan datang akan menjadi budak mesin
  • Terancamnya penggantian tenaga manusia dengan mesin
  • Bertambahnya Jumlah Pengangguran bagi mereka yang tidak menguasai ICT


Perbedaan Masyarakat Agraris, Masyarakat Industri, dan Masyarakat Informasi Sumber daya yang diolah:
  • SDA (angin, air, tanah, manusia) masyarakat agraris
  • Membuat tenaga(listrik, bahan bakar) masyarakat industri
  • Informasi (transmisi data dan komputer) masyarakat informasi

Sumber daya yang dibutuhkan
  • Bahan mentah / alam masyarakat agraris
  • Modal masyarakat industri
  • Pengetahuan masyarakat informasi

Keahlian SDM yang dibutuhkan
  • Petani, pekerja tanpa skill tertentu masyarakat agraris
  • Ahli mesin, pekerja dengan skill khusus masyarakat industri
  • Pekerja profesional (dengan skill tinggi) masyarakat informasi
:
Teknologi
  • Alat-alat manual masyarakat agraris
  • Teknologi mesin masyarakat industri
  • Teknologi cerdas masyarakat informasi


Prinsip Perkembangan
  • Tradisional masyarakat agraris
  • Pertumbuhan ekonomi masyarakat industri
  • Penerapan pengetahuan dalam teknologi masyarakat informasi

Mode produksi dalam bidang ekonomi
  • Pertanian, pertambangan, perikanan, peternakan. masyarakat agraris
  • Produksi, distribusi barang; konstruksi berat. masyarakat industri
  • Transportasi, perdagangan, asuransi, real estate, kesehatan, rekreasi, penelitian, pendidikan, pemerintahan. masyarakat informasi


Pengaruh Perkembangan Masyarakat Informasi Terhadap Kesejahteraan Masyrakat

Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk manusia Sebagai Penunjang Kemajuan manusia. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang. Hingga menciptakan obyek-obyek, teknik yang dapat membantu manusia  dalam pengerjaan sesuatu lebih efisien dan cepat. Salah satunya adalah komputer. Hampir semua  pekerjaan manusia memiliki hubungan dengan komputer. Sehingga pantas jika komputer adalah  penemuan yang paling mutakhir dan yang paling berpengaruh pada kehidupan manusia.

Dengan munculnya komputer sebagai bukti kemajuan sebuah teknologi, komputer juga  merupakan sebuah teknologi yang menunjang perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Informasi telah menjadi suatu kebutuhan manusia karena dengan informasi manusia dapat mengetahui peristiwa yang terjadi di sekitarnya, memperluas cakrawala pengetahuannya, sekaligus memahami kedudukan serta perananya dalam masyarakat.

Salah satu bukti kemajuan teknologi informasi yaitu munculnya media massa, baik cetak ataupun elektronik. Kecenderungan misi media massa ditujukan untuk mendukung pembangunan, menempatkan media massa pada posisi terpenting dalam perumusan pola kebijakan pembangunan nasional. Pers bukan saja menjadi mediator antara pemerintah dengan masyarakat, tetapi sekaligus patner pemerintah dan agen pembaharuan dalam segala kompleksitasnya yang berorintasi pada pembangunan nasional. Perkembangan media massa sebagai sarana informasi di Indonesia, tidak lepas dari jalannya pembangunan nasional di segala sektor kehidupan masyarakat.

Hal ini juga membuat munculnya sebuah masyarakat yang menjadikan informasi sebagai elemen penting sebuah kehidupan. Information society atau masyarakat informasi adalah suatu keadaan masyarakat di mana produksi, distribusi dan manipulasi suatu informasi menjadi kegiatan utama. Pengaruh perkembangan masyarakat informasi akan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat yang menggunakan teknologi sebagai pendamping dalam menjalankan kehidupannya.

Kemajuan perkembangan teknologi, khususnya komunikasi, informasi dan multimedia pada akhirnya berpengaruh dalam merubah tatanan organisasi dan hubungan sosial kemasyarakatan dikarenakan sifat fleksibilitas dan kemampuan telematika untuk masuk ke aspek kehidupan. Dampak teknologi komunikasi dapat terciri dari adanya perubahan yang terjadi di masyarakat baik kondisi ideologi, sosial budaya, politik, hingga kondisi keamanan suatu Negara.

Berikut ini merupakan pengaruh perkembangan masyarakat informasi terhadap kesejahteraan masyarakat:

a. Bidang Pendidikan

Ada beberapa pendapat tentang teknologi pendidikan. Istilah yang digunakan dalam bahasa Inggris adalah instructional technology atau educational technology. Salah satu pendapat ialah bahwa instructional technology means the media born of the communications revolutional which can be used for instructional purpose alongside the teacher, the book, and the blackboard (Commission on Instructional hal. 39). Jadi, yang diutamakan ialah media komunikasi yang berkembang secara pesat sekali yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan. Alat-alat teknologi ini lazim disebut “hardware” antara lain berupa TV, radio, video tape, computer, dan lain-lain.

Di lain pihak ada pendapat bahwa teknologi pendidikan adalah pengembangan, penerapan dan penilaian sistem-sistem, teknik dan alat bantu untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia. Ada pula yang berpendapat bahwa teknologi pendidikan adalah pemikiran yang sistematis tentang pendidikan, penerapan metode problem solving dalam pendidikan, yang dapat dilakukan dengan alat-alat komunikasi modern, akan tetapi juga tanpa alat-alat itu. Pada hakikatnya teknologi pendidikan adalah suatu pendekatan yang sistematis dan kritis tentang pendidikan. Teknologi pendidikan memandang soal mengajar dan belajar sebagai masalah atau problema yang harus dihadapi secara rasional dan ilmiah.

Teknologi komunikasi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:
  • Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.
  • Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
  • Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
b. Bidang Informasi Dan Komunikasi

Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnya antara lain:
  • Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di manapun melalui internet
  • Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui telepon genggam, internet, fax, dll.
  • kita dapat melakukan perkerjaan dimana pun kita berada, tanpa harus datang ke kantor ataupun mengadakan pertemuan di suatu tempat formal.

c. Bidang Sosisal dan Budaya

Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat:
  1. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya. Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatif pada aspek.
  2. Pemberi bantuan dalam suatu kejadian atau peristiwa di dalam negeri maupun luar negeri seperti, bencana alam, peperangan, pengobatan akibat wabah penyakit, dll. Dapat disalurkan secara cepat karena informasi komunikasi sekarang yang sangat mudah.

Industrial, Penguasaan IPTEK, Pendidikan, dan Kebudayaan.

Perkembangan industri yang akan berlangsung di masa datang harus lebih cepat daripada perkembangan selama ini. Hal ini berkaitan erat dengan proses transformasi teknologi, yang juga harus berlangsung dengan cepat dan tepat jika ingin mempercepat proses industrialisasi dalam upaya membangun bangsa yang maju dan mandiri, sejahtera lahir-batin.

Marilah sejenak kita simak perkembangan industri dan kemajuan teknologi untuk menunjukkan betapa pentingnya pendidikan pembudayaan teknologi. Ada beberapa tahap perkembangan teknologi yang dilalui oleh negara berkembang.
  • Tahap yang paling awal pada umumnya adalah tahap adopsi teknologi yaitu menggunakan jenis teknologi yang 'dipinjam' dari negara lain penghasil teknologi itu(negara maju).
  • Tahap kedua adalah imitasi atau peniruan terhadap jenis teknologi yang ada dan langsung mengunakannya dalam proses produksi. Tahap imitasi ini dapat pula berupa modifikasi yaitu dengan melakukan penyesuaian atau perobahan terhadap teknologi yang sudah ada, sebelum diterapkan dalam proses produksi.
  • Tahap yang paling maju adalah tahap inovasi yaitu menciptakan suatu jenis teknologi yang betul-betul baru. Didalam tahap inovasi ini dikenal tahap inovatif-iminatif yang menciptakan sesuatu jenis teknologi yang “baru” dari teknologi yang sebenarnya sudah ada namun belum dikenali.
  • Untuk sampai pada tahap inovasi, merupakan pekerjaan yang kompleks dan memerlukan waktu dan proses yang panjang serta berkelanjutan. Kenyataan empirik menunjukan bahwa negara berkembang dapat tumbuh pesat dengan cara meminjam atau mengadopsi teknologi. Jepang misalnya, sangat berhasil dalam meminjam (mengadopsi) dan meniru (imitasi) teknologi negara maju. Demikian pula halnya dengan Taiwan. Kedua negara itu sangat pandai memanfaatkan teknologi yang mereka pinjam dan tiru.
Kepandaian semacam ini jelas tidak datang seketika dari langit, namun dengan bekal modal dasar ilmu pengetahuan dan ketekunan yang kuat. Ada tiga hal yang diperlukan agar penggunaan teknologi secara adopsi atau imitasi itu berdaya ungkit kuat terhadap industrialisasi, yaitu diperlukannya informasi yang lengkap dan rinci mengenai teknologi tersebut, alat atau wahana dan sarana untuk menerapkannya, dan pemahaman (understanding) mengenai teknologi tersebut. Dengan demikian, dalam melakukan proses adopsi teknologi tidak hanya sekedar menerapkannya sebagai masukan dalam produksi, tetapi melibatkan suatu proses kelembagaan (institusional) yang terarah yang di dalamnya terdapat proses pendidikan dan pembudayaan teknologi.

Daftar Pustaka:

  • Wawan Kuswandi, Komunikasi Massa (Sebuah Analisis Isi Media Televisi), (Jakarta: PT Rineka Cipta 1996), cet.1.
  • Agoeng Noegroho, Teknologi Komunikasi (Yogyakarta; Graha Ilmu, 2010).
  • Farid Hamid, Heri Budianto, Ilmu Komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan, (Jakarta: Kencana, 2011). 
  • Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran, cetakan ke-1. (Jakarta: Bumi Aksara, 2010).
  • Prof. Dr. S. Nasution, M.A., Teknologi Pendidikan, ( Jakarta: Bumi Askara, 1994), cet.1.
  • Rahardi Ramela, Teknologi dan Masyarakat (Pemikiran-Pemikiran Seorang Teolog), (Bandung:CV. Lubuk Agung).

WEB:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

You are the reason - Calum scott

You Are The Reason Calum Scoot There goes my heart beating 'Cause you are the reason I'm losing my sleep Please come back now There goes my mind racing And you are the reason That I'm still breathing I'm hopeless now I'd climb every mountain And swim every ocean Just to be with you And fix what I've broken Oh, 'cause I need you to see That you are the reason There goes my hand shaking And you are the reason My heart keeps bleeding I need you now If I could turn back the clock I'd make sure the light defeated the dark I'd spend every hour, of every day Keeping you safe And I'd climb every mountain And swim every ocean Just to be with you And fix what I've broken Oh, 'cause I need you to see That you are the reason, oh (I don't wanna fight no more) (I don't wanna hurt no more) (I don't wanna cry no more) (Come back, I need you to hold me closer now)  You are the reas

Dilan 1991

Sinopsis Novel: Milea kembali bercerita tentang kisah percintaannya dengan Dilan. Seperti orang yang baru jadian pada umumnya, Milea mengalami masa yang indah di SMA sesudah resmi jadi pacar Dilan. Ketika guyuran hujan menerpa, Dilan menggunaka motor CB dengan Milea di belakangnya. Milea dengan erat memeluk Dilan. Mereka berdua jalan-jalan menyusuri Jl. Buah Batu sembari ketawa riang, itu semua berkat Dilan yang selalu membuat hari-hari Milea bahagia. Jawaban yang diberikan Dilan selalu saja membaut Milea tersenyum, Dilan pun termasuk orang yang cerdas dan pintar di kelasnya, buktinya dia selalu mendapatkan ranking satu atau dua. Meski Melia merasa khawatir dengan Dilan yang bergabung dengan geng motor, karena Melia takut terjadi hal yang buruk menimpa Dilan karena geng motor. Ketika itu, sekolah tidak ada kegiatan belajar mengajar sebab para guru sedang melakukan rapat untuk mempersiapkan pembagian rapor. Milea merasa tidak enak dengan kejadian Dilan berkelahi dengan

Pengertian dari Anonymity, Privacy, and Security Online

ANONYMITY Anonymity adalah proses menyembunyikan identitas seseorang yang sebenarnya di internet. Ibarat kata nih pengguna internet yang tidak mau privacy dan keamanannya terganggu dan akhirnya mereka menyembunyikan identitas mereka yang sebenarnya. Nah guys, banyak pengguna internet jaman now yang menyembunyikan identitas mereka pada saat surfing di internet, terutama generasi young (helah :D). Nih guys bisa dilihat pada grafik dibawah. Kenapa mereka memilih untuk menjadi anonymity? Banyak alasan mengapa para pengguna internet lebih memilih untuk menyembunyikan identitas mereka. (kalo generasi young mungkin karena people from your past ya alias mantan , uhuk). Nah pada grafik survey yang bisa kamu lihat dibawah, alasan yang paling banyak adalah untuk melindungi diri para pengguna internet dari hacker atau kriminal dunia maya. Yup, siapa juga sih yang mau informasi pribadi kita disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab? No one. Dan ada beberapa alas